Pemdes Simpang Tiga Gelar Pelatihan Strategi Peningkatan Produksi dan Pemasaran Produk UMKM Berbasis Teknologi Digital

Simpang Tiga, Senin 4 Maret 2024 - Pemerintah Desa Simpang Tiga menggelar pelatihan strategi untuk meningkatkan produksi dan pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan berbasis teknologi. Acara ini dihadiri oleh puluhan pelaku usaha lokal yang bersemangat untuk mengoptimalkan potensi bisnis mereka. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya Pemerintah Desa Simpang Tiga dalam mewujudkan visi Smart Village melalui pemanfaatan teknologi. Narasumber terkemuka dari Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informasi (BPSDMP Kominfo) serta Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar turut hadir untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam bidang ini. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para pelaku UMKM di Desa Simpang Tiga dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung produksi dan pemasaran produk mereka. Diharapkan bahwa dengan adanya pelatihan ini, UMKM di desa tersebut dapat lebih efektif dalam bersaing di pasar yang semakin digital ini. Transformasi digital merupakan salah satu kunci utama menuju pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Dengan memperkuat sektor UMKM berbasis teknologi, Desa Simpang Tiga tidak hanya akan meningkatkan daya saingnya tetapi juga memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal serta kesejahteraan masyarakat setempat. Melalui kolaborasi antara pemerintah desa, instansi terkait, dan narasumber ahli, diharapkan bahwa pelatihan ini akan menjadi langkah awal yang konkrit dalam mewujudkan Desa Simpang Tiga sebagai contoh nyata dari Smart Village di Indonesia. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang besar dan menginspirasi desa-desa lain untuk mengikuti jejak kesuksesannya dalam mengadopsi teknologi digital untuk kemajuan bersama.

BAZNAS KABUPATEN TAPIN MEMBERIKAN PAKET RAMADHAN KEPADA 5 ORANG WARGA KELURAHAN RANTAU KIWA

**BAZNAS Kabupaten Tapin Memberikan Paket Ramadhan Kepada 5 Orang Warga Kelurahan Rantau Kiwa** Pada tanggal 4 Maret 2024, Kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tapin mengadakan kegiatan amal dengan memberikan paket Ramadhan kepada 5 orang warga Kelurahan Rantau Kiwa. Lokasi pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di kantor BAZNAS Kabupaten Tapin. Kegiatan ini merupakan bagian dari program sosial BAZNAS untuk membantu meringankan beban sebagian warga kurang mampu selama bulan suci Ramadhan. Dengan memberikan paket-paket Ramadhan, diharapkan dapat memberikan dukungan dan semangat bagi keluarga penerima manfaat dalam menjalani ibadah puasa serta merayakan Idul Fitri nantinya. Dalam situasi di mana solidaritas sosial sangat diperlukan, BAZNAS Kabupaten Tapin terus berkomitmen untuk turut serta dalam upaya kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Semoga bantuan ini dapat menjadi cahaya dan harapan bagi keluarga penerima manfaat serta menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk saling berbagi dan peduli terhadap sesama, tidak hanya di bulan suci Ramadhan, tetapi juga sepanjang tahun.

Kegiatan Kelas BUMIL ( Ibu Hamil ) Bulan Februari 2024 Desa Abumbun Jaya

Kegiatan Kelas BUMIL (Ibu Hamil) di Desa Abumbun Jaya: Membangun Kehidupan Sehat bagi Ibu dan Bayi Pada tanggal 29 Februari 2024, Kantor Desa Abumbun Jaya dipenuhi dengan semangat dan antusiasme saat para ibu hamil berkumpul untuk menghadiri kelas Ibu Hamil 12 Orang, 3 Orang Kader, 2 Orang Bidan Desa, 2 Orang Tim Kesehatan dari Puskesmas Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan penting kepada para ibu hamil agar dapat menjalani masa kehamilan dengan baik serta mempersiapkan diri untuk fase awal kehidupan bayi mereka. Hasil Kegiatan Kelas Ibu Hamil : 1. Sosialisasi Dokter Gizi  Kalak MMS Membentuk rahang dan gigi ( Kalsium ) Setelah makan minum manis Gosok gigi langsung jangan tunda Bila Sakit Gigi paling aman Paracetamol Ibu hamil tidak dianjurkan cabut gigi Usia bayi 6-8 Bulan tumbuh gigi, ciri-ciri: badan panas dan ngiler 2. Pemaparan Materi Bidan Hj. Lisa : Stiker P4 sudah ditempel semua : di isi ditempel didepan rumah Hasil laboraturium MMS harus diminum HB tidak boleh kurang dari 10 Dalam kegiatan ini, para peserta diberikan informasi tentang gizi seimbang selama kehamilan, pentingnya perawatan prenatal, olahraga yang aman untuk ibu hamil, serta teknik-teknik relaksasi yang bisa membantu mengurangi stres selama masa kehamilan. Selain itu, mereka juga diajarkan tentang tanda-tanda bahaya selama kehamilan yang perlu segera diwaspadai dan langkah-langkah yang harus diambil dalam situasi darurat. Para ibu hamil di Desa Abumbun Jaya juga diberikan pengetahuan tentang proses persalinan, baik secara alami maupun melalui operasi caesar, sehingga mereka dapat lebih siap secara fisik dan mental menghadapi hari-hari menuju kelahiran buah hati mereka. Selain itu, pentingnya peran suami atau keluarga dalam mendukung proses kehamilan dan persalinan juga tidak luput dari pembahasan dalam kelas tersebut. Tidak hanya itu, kelas ini juga mencakup materi tentang perawatan bayi baru lahir, menyusui, pentingnya bonding antara ibu dan bayi, serta tanda-tanda perkembangan normal pada bayi. Dengan pengetahuan dasar ini, diharapkan para ibu hamil dapat merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan sebagai seorang ibu yang baru. Kelas tersebut tidak hanya disajikan dalam bentuk ceramah, tetapi juga melibatkan sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta dan tenaga kesehatan yang hadir. Hal ini memungkinkan para peserta untuk bertukar informasi dan pengalaman, sehingga tercipta suasana yang interaktif dan penuh kolaborasi. Dengan berakhirnya kelas tersebut, para ibu hamil pulang dengan bekal pengetahuan baru yang akan membantu mereka melewati masa-masa penting seperti kehamilan, persalinan, dan perawatan bayi dengan lebih baik. Semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan secara berkala sehingga generasi masa depan dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang sehat dan penuh perhatian. Foto-foto Kegiatan Kelas Ibu Hamil Bulan Februari 2024 By : AGUSTINA WATI, SE

Sosialisasi Rehabilitasi Rumah Bagi korban Bencana melalui Bantuan rumah tidak layak huni (BRTLH) Kab. Banjar

Pada tanggal 4 Maret 2024, bertempat di Balai Desa Mangkalawat, dilaksanakan kegiatan sosialisasi rehabilitasi rumah bagi korban bencana melalui program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (BRTLH). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak bencana dengan memberikan rumah layak huni sebagai upaya pemulihan dan rekonstruksi setelah musibah yang menimpa mereka. BRTLH merupakan suatu program yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni akibat bencana alam. Program ini diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Banjar sebagai bentuk komitmen dalam mendukung proses rehabilitasi korban bencana agar dapat kembali memperoleh tempat tinggal yang aman dan layak huni. Dalam acara sosialisasi tersebut, hadir para perwakilan dari Dinas Sosial, Dinas Perumahan dan Permukiman, serta pihak terkait lainnya yang memberikan penjelasan mengenai mekanisme program BRTLH, syarat partisipasi, tahapan pelaksanaan rehabilitasi rumah, serta manfaat yang akan diperoleh oleh penerima bantuan. Proses seleksi penerima bantuan dilakukan secara transparan dengan mempertimbangkan tingkat kerusakan rumah, ketersediaan anggaran, dan kebutuhan mendesak masyarakat yang terdampak. Melalui program ini, diharapkan masyarakat yang menjadi korban bencana dapat segera mendapatkan bantuan yang dibutuhkan untuk memulihkan kondisi rumah mereka dan kembali menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan informasi mengenai program BRTLH dapat tersebar luas di masyarakat sehingga lebih banyak korban bencana yang dapat memperoleh manfaat dari program rehabilitasi ini. Semoga dengan adanya bantuan ini, masyarakat yang terdampak bencana dapat merasakan kepedulian dan dukungan dari pemerintah daerah dalam membangun kembali kehidupan mereka.

Kegiatan Kelas BUBAL ( Ibu dan Balita ) Bulan Februari 2024 Desa Abumbun Jaya

Kegiatan Kelas BUBAL di Desa Abumbun Jaya: Membangun Kesadaran Kesehatan Balita Pada tanggal 28 Februari 2024, Desa Abumbun Jaya kembali menyelenggarakan Kelas BUBAL (Ibu dan Balita) di Kantor Desa Abumbun Jaya ber anggotakan 11 Orang Ibu Balita, 3 Orang Kader dan 3 Orang Tim Kesehatan . Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta merubah sikap dan perilaku ibu hamil tentang kesehatan balita, gizi, stimulasi pertumbuhan, dan perkembangan anak. Kelas BUBAL menjadi wadah yang berharga bagi para ibu muda dan balita mereka untuk memperoleh informasi penting seputar perawatan anak-anak. Dengan didukung oleh tenaga medis dan ahli gizi dari desa setempat, para peserta mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan gizi balita, pentingnya stimulasi pertumbuhan, serta cara-cara menjaga kesehatan anak secara menyeluruh. Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri oleh puluhan ibu dan balita dari berbagai wilayah di Desa Abumbun Jaya. Mereka terlibat dalam diskusi interaktif, sesi tanya jawab, serta demonstrasi praktis yang memberikan pandangan yang komprehensif mengenai perawatan yang tepat untuk balita mereka. Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan sesi workshop yang dipandu oleh tenaga ahli, dimana para peserta diajak untuk berpartisipasi aktif dalam menyiapkan menu makanan sehat untuk balita mereka. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman langsung tentang pentingnya asupan gizi yang seimbang bagi tumbuh kembang optimal si kecil. Melalui Kelas BUBAL bulan Februari 2024 ini Hasil Pertemuan Membahas Masalah Stunting : - Stunting adalah kurangnya gagal tumbuh yang disebabkan kurang gizi kronik dalam waktu yang lama. Cara mencegah : Priksa rutin saat hamil pada trisimester pertama, trisimester ke-2 dan trisimester ke-3 , 2 kali pada tambahan pemeriksaan pada trisimester ke-3 ke dokter spesilis kandungan supaya tidak kekurangan gizi pada saat hamil. Minum tablet tambah darah sebanyak 90 biji selama kehamilan. Pemberian ASI Esklusif selama 6 Bulan, tanpa memberikan yang lain. Pemantauan tumbuh kembang anak lewat posyandu dan membaca buku ping. Melengkapi Imunisasi. diharapkan bahwa peserta dapat membawa pulang pengetahuan baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu menjadi agen perubahan positif dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di Desa Abumbun Jaya. Dengan semangat yang tinggi dan antusiasme dari para peserta, Kelas BUBAL kali ini berakhir dengan sukses. Desa Abumbun Jaya terus berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan ini sebagai bagian dari upaya bersama dalam menciptakan generasi masa depan yang lebih sehat dan cerdas. Foto- foto Kegiatan Kelas BUBAL (  Ibu dan Balita ) Bulan Februari 2024 By : AGUSTINA WATI, SE  

Penyaluran Bantuan Beras Bulog Bulan Februari 2024 Desa Bawahan Seberang

Balai Desa Bawahan Seberang, Februari 2024 - Dalam upaya membantu meringankan beban warga kurang mampu, Bulog (Badan Urusan Logistik) telah meluncurkan program penyaluran bantuan beras untuk bulan Februari 2024 di Desa Bawahan Seberang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan bantuan kepada 30 warga yang membutuhkan di wilayah tersebut. Penyaluran bantuan beras ini dilakukan secara bergantian bagi warga yang memenuhi syarat dan tergolong sebagai keluarga prasejahtera. Proses distribusi bantuan beras tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2024 pukul 10:00 di Balai Desa Bawahan Seberang. Kepala Desa Bawahan Seberang, Fahmi Fauzi, menyatakan bahwa program ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah dan instansi terkait terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dia juga menekankan pentingnya solidaritas dan gotong royong di antara seluruh warga desa untuk saling mendukung dan membantu sesama. Dengan adanya program penyaluran bantuan beras Bulog ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi warga Desa Bawahan Seberang yang membutuhkan. Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi dan memberikan keberkahan bagi semua penerima manfaat.   Di samping itu, Pemerintah Desa juga mengimbau agar proses penyaluran bantuan berjalan lancar dan tertib, serta meminta kerjasama dari seluruh warga untuk bersikap saling menghormati dan mendukung satu sama lain dalam pelaksanaan program ini. Demikianlah informasi terkait dengan Penyaluran Bantuan Beras Bulog Bulan Februari 2024 Desa Bawahan Seberang. Semoga program ini dapat menjadi langkah positif dalam memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan di tengah-tengah masyarakat kita.

Kunjungan Studi Tiru Pengelolaan Hewan Ternak Unggul dan Ketahanan Pangan

Studi Tiru Pengelolaan Hewan Ternak untuk Ketahanan Pangan: Menyelami Strategi dan Metode Perawatan Unggul Pada tanggal 1 Maret 2024, sejumlah peternak antusias dari berbagai wilayah berkumpul di Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) HPT Pelaihari dengan tujuan utama: mendalami aspek pengelolaan hewan ternak guna memperkuat ketahanan pangan. Kegiatan kunjungan studi ini didesain untuk memfasilitasi pemahaman peserta terhadap strategi, metode perawatan unggul, dan program-program efektif yang telah terbukti berhasil. Fokus utama adalah mengadopsi serta menyesuaikan praktik-praktik sukses yang telah diterapkan oleh BPTU HPT Pelaihari, dipilih karena reputasi inovatif dalam manajemen hewan ternak yang efisien. Peserta akan berinteraksi langsung dengan ahli dan praktisi lapangan, bertujuan agar mampu menyerap pengetahuan berharga serta wawasan yang dapat diterapkan kembali di lingkungan mereka sendiri. Kunjungan akan menampilkan keberhasilan manajemen hewan ternak melalui penerapan strategi tertentu, meliputi sistem perawatan terstruktur, seleksi bibit unggul, pakan berkualitas, dan pemanfaatan teknologi modern untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas peternakan. Selama kegiatan, peserta akan terlibat dalam diskusi dan tanya jawab dengan pakar di BPTU HPT Pelaihari, memungkinkan mereka mendalami topik spesifik dan memperluas wawasan dalam mengelola hewan ternak secara berkelanjutan. Tujuan akhirnya adalah meningkatkan kemampuan peternak lokal dalam mencapai ketahanan pangan, dengan harapan mereka dapat menerapkan praktik-praktik terbaik yang dipelajari, berkontribusi pada peningkatan produksi hewan ternak secara luas. Kunjungan studi tiru pengelolaan hewan ternak untuk ketahanan pangan di BPTU HPT Pelaihari diharapkan menjadi tonggak penting bagi para peternak dalam terus belajar, beradaptasi, dan berinovasi demi menciptakan sistem pertanian tangguh dan berkelanjutan di masa depan.

Haul Perkumpulan  Rukun Kematian Desa Bawahan Seberang

Pada Hari jum'at Taggal 1 Maret 2024 warga Desa  Bawahan Seberang Memperingati Haul Rukun Kematian, di mana tradisi dan nilai-nilai kebersamaan masih dijaga dengan erat, kembali menggelar acara peringatan Haul Rukun Kematian di Musholla Nurul Kausar. Acara yang dihadiri oleh Pambakal Bawahan Seberang serta tokoh masyarakat desa ini bertujuan untuk memperingati para leluhur dan mendiang warga desa yang telah berpulang. Rangkaian acara dimulai dengan penyampaian laporan keuangan Perkumpulan Rukun Kematian, menunjukkan transparansi dan kejujuran dalam mengelola dana yang digunakan untuk kegiatan sosial dan keagamaan. Dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan dengan penuh oleh Al Ustaz Rosyidi, memberikan hikmah dan pemahaman yang mendalam tentang arti kehidupan dan persiapan menghadapi kematian . Acara kemudian ditutup dengan Tahlil, doa-doa yang dipanjatkan untuk arwah para almarhum/almarhumah serta bagi keberkahan dan keselamatan bagi seluruh warga desa. Suasana khidmat dan hening menyelimuti ruang musholla, menciptakan momen yang sarat makna bagi semua yang turut hadir. Haul Rukun Kematian Desa Bawahan Seberang bukan sekadar tradisi, namun juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada yang telah berpulang, serta sebagai ajang untuk memperkuat ukhuwah antar warga desa. Dengan kegiatan seperti ini, nilai-nilai kebersamaan, gotong royong, dan keagamaan terus dijaga dan dilestarikan, menjadikan Desa Bawahan Seberang sebagai contoh harmoni dan kekokohan komunitas lokal. Semoga semangat kebersamaan dan kearifan lokal Desa Bawahan Seberang terus berkobar dan menjadi penyejuk bagi masyarakat sekitarnya.

Pemuda Desa Sawang membuka Kelas Pelatihan Cukur Rambut

Pemuda Desa Sawang Membuka Kelas Pelatihan Cukur Rambut untuk Menggerakkan Potensi Usaha dan Kurangi Pengangguran Pada tanggal 4 Maret 2024, Desa Sawang akan menjadi saksi dari sebuah inisiatif luar biasa yang dilakukan oleh seorang pemuda berdedikasi, Rizki Junaidi S,Pd. Dikenal sebagai seorang Tukang Cukur Rambut Profesional yang berpengalaman, dia telah memutuskan untuk membuka kelas pelatihan cukur rambut dengan tujuan mulia: memberikan peluang usaha kepada para pemuda di Desa Sawang dan sekitarnya, serta mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Tapin. Rizki Junaidi S,Pd, yang merupakan sosok inspiratif bagi banyak pemuda di wilayah tersebut, ingin berbagi pengetahuan dan keahliannya dalam seni mencukur rambut kepada generasi muda yang bersemangat untuk belajar dan berkembang. Melalui kelas pelatihan ini, diharapkan peserta tidak hanya mendapatkan keterampilan baru dalam dunia tata rambut, tetapi juga semangat dan dorongan untuk menjalankan usaha kecil-kecilan atau bahkan merintis bisnis barbershop mereka sendiri. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan akan terjadi peningkatan kualitas hidup dan ekonomi masyarakat setempat. Para pemuda di Desa Sawang dan sekitarnya memiliki kesempatan untuk belajar dari seorang ahli secara langsung, serta memperluas jaringan dan koneksi dalam industri kecantikan dan perawatan pribadi. Selain itu, melalui kegiatan ini, diharapkan angka pengangguran di wilayah tersebut dapat turun secara signifikan. Dengan membekali pemuda dengan keterampilan yang dicari dan diperlukan di pasar kerja, pelatihan ini menjadi langkah awal yang kuat menuju kemandirian ekonomi dan pembangunan komunitas yang lebih baik. Kelas pelatihan yang diadakan oleh Rizki Junaidi S,Pd ini bukan hanya sekadar ajang belajar, tetapi juga merupakan investasi dalam masa depan generasi muda. Dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi, kita bisa menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan dalam masyarakat kita. Ayo bergabung dalam kelas pelatihan cukur rambut ini dan bersiaplah untuk meraih impian dan tujuan Anda!

Pertemuan rutin Arisan PKK, Menanam TOGA dan Bikin Empek-empek Ikan Sarden Desa Abumbun Jaya Bulan Februari Tahun 2024

Desa Abumbun Jaya, sebuah komunitas yang terletak di kawasan yang subur dan penuh semangat di Kantor Desa Abumbun Jaya. Kegiatan ini bertujuan untuk menggalakkan konsep Apotik Hidup, merayakan keberagaman budaya, serta mempromosikan keberlanjutan lingkungan. Setiap tahunnya, Pertemuan Rutin Arisan PKK untuk Mempererat Tali Silaturahmi antar sesama Anggota pkk ,Desa Abumbun Jaya. Pada kesempatan kali ini, acara tersebut diselaraskan dengan kegiatan menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Dengan semangat gotong-royong,  bersama-sama merencanakan penanaman dan perawatan TOGA di sekitar kantor desa mereka. Tidak hanya berhenti di situ, Anggota PKK Desa Abumbun Jaya juga akan terlibat dalam pembuatan Empek-empek Ikan Sarden. Resep tradisional yang telah dilestarikan dari generasi ke generasi akan dihidangkan sebagai bagian dari upaya untuk melestarikan kearifan lokal dan mendukung ekonomi lokal. Kehadiran Arisan PKK tidak hanya memberikan manfaat sosial, tapi juga memberikan dorongan bagi pengembangan ekonomi masyarakat setempat. Melalui pertemuan ini, Anggota PKK Desa Abumbun Jaya dapat saling bertukar informasi, mendiskusikan isu-isu penting, serta merencanakan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Dengan memadukan aspek kebersamaan, keberagaman, dan keberlanjutan, Desa Abumbun Jaya berharap dapat terus menjadi teladan bagi komunitas lainnya dalam membangun masyarakat yang inklusif, peduli lingkungan, dan mandiri secara ekonomi bagi Desa Abumbun Jaya. Foto-foto Kegiatan PKK Desa Abumbun Jaya Bulan Maret Tahun 2024 By : AGUSTINA WATI, SE

Penyaluran Bantuan Beras Bulog untuk Masyarakat Desa Mangkalawat: Membantu Keluarga Penerima Manfaat

Pada tanggal 4 Maret 2024, Balai Desa Mangkalawat menjadi saksi dari kegiatan mulia yang dilaksanakan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog), yaitu penyaluran bantuan beras kepada masyarakat Desa Mangkalawat. Inisiatif ini bertujuan untuk membantu meringankan beban hidup keluarga-keluarga di desa tersebut. Dengan semangat gotong royong yang kental, tim dari Bulog bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menyelenggarakan acara penyaluran bantuan ini. Sejak pagi hari, warga desa telah berkumpul di Balai Desa Mangkalawat, dipenuhi oleh harapan dan rasa syukur akan bantuan yang akan diterima. Acara dibuka dengan sambutan hangat dari kepala desa, yang menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari Bulog. Selanjutnya, proses penyaluran bantuan berjalan lancar dengan penuh keceriaan. Para petugas dengan cermat membagikan paket-paket beras kepada setiap keluarga penerima manfaat, memastikan bahwa bantuan tersebut sampai kepada yang membutuhkan. Kegiatan ini tidak hanya sekadar penyaluran bantuan, tetapi juga sebagai bentuk kepedulian sosial dari Bulog kepada masyarakat pedesaan. Melalui program ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Desa Mangkalawat, terutama di tengah tantangan ekonomi yang dihadapi. Setelah penyaluran selesai, terpancar senyum kebahagiaan dari wajah-wajah masyarakat Desa Mangkalawat. Mereka merasa terbantu dan mendapat dorongan semangat baru untuk menghadapi hari-hari ke depan. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat yang besar dan menjadi titik balik bagi kemajuan desa ini. Dengan demikian, penyaluran bantuan beras Bulog untuk masyarakat Desa Mangkalawat bukan sekadar agenda rutin, tetapi merupakan simbol kepedulian dan solidaritas dalam menjaga keberlangsungan hidup bersama. Semangat gotong royong dan tolong-menolong harus terus diperkuat agar kesejahteraan masyarakat desa dapat terus meningkat.

Posbindu Desa Cempaka Menggelar Pemeriksaan Kesehatan untuk Remaja: Meningkatkan Kesadaran akan Hidup Sehat

Pada hari Sabtu, tanggal 3 Maret 2023, Desa Cempaka menjadi saksi dari kegiatan berharga yang diselenggarakan oleh Kader Posbindu Desa dan Puskesmas Tapin Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh remaja usia 15 tahun ke atas yang peduli akan kesehatan diri mereka sendiri. Dalam suasana yang penuh antusiasme, para peserta berkumpul di Desa Cempaka untuk melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memeriksa berbagai indikator kesehatan yang sangat penting, seperti berat badan, tensi darah, lingkar perut, kolesterol, dan gula darah. Kader Posbindu Desa dan tim medis dari Puskesmas Tapin Selatan dengan penuh dedikasi melakukan pemeriksaan secara teliti. Mereka memberikan edukasi kepada para remaja tentang pentingnya menjaga kesehatan dan memberikan saran-saran yang berguna untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Kegiatan ini bukan hanya sekedar pemeriksaan, tetapi juga menjadi ajang untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat di kalangan remaja. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan mampu membentuk pola hidup yang lebih sehat dan mengurangi risiko penyakit di masa depan. Posbindu Desa Cempaka dan Puskesmas Tapin Selatan patut diapresiasi atas upaya mereka dalam meningkatkan kesadaran akan kesehatan masyarakat, khususnya di kalangan remaja. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan berkualitas di Desa Cempaka.