Pengadaan Mobil Operasional Desa Tahun Anggaran 2024

Pengadaan Mobil Operasional Desa Pasiraman Tahun Anggaran 2024, pengadaan sebuah mobil operasional untuk keperluan masyarakat desa. Saptu (2/3/2024). Kegiatan ini dianggarkan dalam tahun 2024 sebagai upaya meningkatkan akses pengangkutan. Latar Belakang Desa Pasiraman terletak di tengah-tengah pedesaan yang masih memerlukan aksesibilitas yang lebih baik untuk mendukung kegiatan sehari-hari masyarakatnya. Dengan demikian, pengadaan mobil operasional diharapkan dapat memberikan solusi transportasi yang lebih efisien dan handal. Tujuan utama dari pengadaan mobil operasional ini adalah untuk meningkatkan kemudahan transportasi bagi masyarakat Desa Pasiraman serta memfasilitasi pengangkutan barang-barang penting secara lebih lancar. Dengan demikian, diharapkan aktivitas ekonomi dan sosial di desa ini dapat meningkat. Jadwal penyerahan mobil operasional ini dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2024. Dengan adanya pengadaan mobil operasional ini, diharapkan Desa Pasiraman dapat terus maju menuju perkembangan yang lebih baik. Semoga langkah ini membawa manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat desa.    

Evaluasi Perubahan APB Desa Se-Kecamatan Candi Laras Utara Kab. Tapin T.A 2024

Pada tanggal 1 s.d 4 Maret 2024, Desa Rawana Hulu yang berlokasi di Royal Jelita Hotel Banjarmasin menghadiri acara evaluasi perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) se-Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin untuk tahun anggaran 2024. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak terkait seperti Pengamat Tenaga Ahli Kabupaten, Kasi Pemerintahan Kecamatan, serta Para Pandamping. Desa Rawana Hulu turut serta dalam kegiatan ini dengan melakukan pemaparan mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) mereka. Hal ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk membagikan informasi terkait rencana penggunaan dana desa serta progres pelaksanaan program-program pembangunan di wilayah mereka. Evaluasi perubahan APB Desa merupakan langkah penting dalam memastikan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas pengelolaan anggaran di tingkat desa. Dengan adanya forum seperti ini, diharapkan akan terjadi diskusi yang konstruktif antara pemerintah desa, pihak terkait, serta masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pembangunan dan pelayanan publik di tingkat lokal. Partisipasi aktif dari berbagai pihak termasuk Pengamat Tenaga Ahli Kabupaten, Kasi Pemerintahan Kecamatan, dan Para Pandamping menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan evaluasi perubahan APB Desa. Melalui kolaborasi yang baik antara semua stakeholders, diharapkan peningkatan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat desa dapat tercapai dengan lebih optimal. Demikianlah rangkuman singkat dari acara Evaluasi Perubahan APB Desa Se-Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin T.A 2024 yang diselenggarakan di Royal Jelita Hotel Banjarmasin. Semoga hasil evaluasi tersebut memberikan arah yang jelas dan kontribusi positif dalam pembangunan di tingkat desa untuk mencapai kesejahteraan bersama. Terima kasih.

Sosialisasi Awal Sanitasi DAK 2024

Pada tanggal 1 Maret 2024, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Awal Sanitasi DAK 2024 di Desa Limamar yang bertempat didesa Limamar. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi awal mengenai program sanitasi yang didanai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024 kepada perwakilan Pengguna Jamban sekaligus Keluarga Penerima Manfaat di wilayah tersebut. Dalam acara tersebut, para peserta diajak untuk memahami pentingnya sanitasi yang baik bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, mereka juga diberikan pemahaman mengenai rencana program sanitasi yang akan diimplementasikan di Desa Limamar dengan harapan dapat meningkatkan kondisi sanitasi dan kesehatan di lingkungan mereka. Sosialisasi ini menjadi langkah awal dalam mempersiapkan seluruh pihak terkait dalam pelaksanaan program sanitasi tersebut. Melalui kerjasama antara pemerintah dan masyarakat setempat, diharapkan tujuan dari program sanitasi ini dapat tercapai dengan baik demi meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat Desa Limamar. Kegiatan ini di laksanakan oleh TIM Fasilitator dari Dinas Pendidikan Umum dan bekerjasama dengan pemerintah Desa Limamar, Pambakal Desa Limamar, Syaiful Akrabin Mengharapkan dengan adanya Bantuan Sanitasi ini  warga tidak lagi menggunakan jamban apung atau jamban duduk dalam sanitasi setiap hari, seperti pada tahun 2023 sebanyak 50 KPM mendapatkan bantuan Sanitasi berupa WC yang memenuhi standar Nasional untuk digunakan oleh warga yang menerima manfaat, begitu pula Pada tahun 2024 ini semoga 50 Pengguna jamban akan menerima Sanitasi DAK berupa WC yang layak dan memenuhi standar Nasional untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Penyaluran Bantuan Beras Bulog Bulan Maret 2024

Penyaluran Bantuan Beras Bulog di Kantor Desa Lok Tamu untuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Pada tanggal 1 Maret 2024, Kantor Desa Lok Tamu menjadi kegiatan mulia yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat setempat. Melalui upaya kolaboratif antara Badan Urusan Logistik (Bulog) dan pemerintah desa, penyaluran bantuan beras kepada warga kurang mampu menjadi momentum penting dalam memperkuat jaringan solidaritas dan tali persaudaraan di antara sesama. Dalam upaya mendukung kesejahteraan masyarakat, kegiatan penyaluran bantuan beras ini tidak hanya sekadar menjangkau kebutuhan pangan, tetapi juga menyiratkan kepedulian yang dalam terhadap kondisi sosial ekonomi yang dihadapi oleh sebagian masyarakat desa. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan beban ekonomi keluarga yang kurang mampu dapat sedikit terangkat, serta memberikan sentuhan harapan bagi mereka dalam menghadapi keterbatasan yang ada. Sejak pagi hari, para tim relawan dan petugas Bulog telah bersiap di Kantor Desa Lok Tamu untuk menyambut kedatangan warga penerima manfaat. Suasana keceriaan dan gotong royong pun terasa kental saat setiap keluarga menerima paket bantuan beras tersebut. Senyum bahagia terpancar dari wajah para penerima bantuan, sebagai cermin bahwa kebaikan masih tetap ada di tengah-tengah kesulitan. Penyaluran bantuan beras ini bukan hanya sekadar simbolis, namun merupakan bentuk nyata dari komitmen pemerintah desa dan Bulog dalam membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara menyeluruh. Dengan semangat gotong royong dan kepedulian sosial yang tinggi, diharapkan bahwa setiap rumah tangga penerima bantuan dapat merasakan dampak positif dari kegiatan ini, baik secara materiil maupun spiritual. Kegiatan ini juga menjadi momentum bagi seluruh masyarakat desa untuk saling bersatu dan mendukung satu sama lain dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Semangat kebersamaan dan solidaritas yang terjalin melalui penyaluran bantuan beras ini diharapkan dapat menjadi fondasi kuat dalam membangun ketahanan sosial dan ekonomi di Desa Lok Tamu. Dengan demikian, penyaluran bantuan beras Bulog di Kantor Desa Lok Tamu pada bulan Maret 2024 bukan hanya sekadar distribusi barang, melainkan  simbol kepedulian, harapan, dan kebaikan yang akan terus mengalir dalam menjaga kesejahteraan masyarakat desa Lok Tamu ke depannya. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak yang terlibat.

Lingkungan Bersih : Bebas dari Bahaya Nyamuk Demam Berdarah.

Pada tanggal 28 Februari 2024, sebuah inisiatif penting diluncurkan di Desa Guntung Ujung melalui himbauan dari Kecamatan Gambut dengan tujuan yang jelas: membersihkan lingkungan untuk menurunkan tingkat penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Kegiatan ini merupakan langkah proaktif dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit yang serius ini. Mengapa Kegiatan Ini Penting? Penyakit DBD merupakan ancaman kesehatan global yang mempengaruhi jutaan orang setiap tahunnya. Dengan nyamuk sebagai vektor utama, lingkungan yang bersih dan teratur dapat secara signifikan mengurangi risiko penularan penyakit tersebut. Desa Guntung Ujung memilih untuk mengambil tindakan preventif dengan membersihkan lingkungan sebagai strategi utama. Kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan Kasus DBD, dengan membersihkan lingkungan dan memberantas sarang nyamuk untuk mengurangi jumlah kasus DBD di Desa Guntung Ujung serta Selain membersihkan lingkungan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai langkah pencegahan penyakit. Langkah-langkah yang Dilakukan dalam kegiatan  ini adalah pembersihan Sarang Nyamuk, yaitu melakukan pemeriksaan intensif di sekitar rumah-rumah, area publik, dan tempat-tempat rawan lainnya untuk menemukan dan membersihkan sarang nyamuk potensial serta menghapus tempat penampungan air yang tidak terpakai atau terbuka akan menjadi tempat ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak. Oleh karena itu, wadah-wadah tersebut dibersihkan atau dihilangkan. Kemudian, membagikan serbuk abate kepada warga dan kelokasi fasilitas publik agar bisa membasmi jentik-jentik nyamuk yang berpotensi menjadi nyamuk yang ganas dalam menyebarkan penyakit DBD. Dengan kerjasama dan partisipasi semua pihak, diharapkan Desa Guntung Ujung dapat menjadi contoh yang berhasil dalam menjaga lingkungan bersih dan bebas dari bahaya nyamuk Demam Berdarah. Kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan adalah kunci dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan seluruh komunitas. Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk

PUSKESOS Desa Sawang berperan dalam kesejahteraan warga desa

**PUSKESOS Desa Sawang: Mendukung Kesejahteraan Warga Melalui Pembagian Beras Bulog** Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESOS) di Desa Sawang telah memainkan peran kunci dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat dengan menggelar kegiatan pembagian beras Bulog. Terletak di Kantor Desa Sawang, inisiatif ini bertujuan utama untuk membantu warga desa yang kurang mampu serta memperkuat ketahanan pangan lokal. Dalam upaya mendukung kesejahteraan warga, distribusi bantuan beras Bulog menjadi langkah strategis yang dijalankan secara terencana oleh PUSKESOS Desa Sawang. Dengan fokus pada penguatan ketahanan pangan, program ini tidak hanya memberikan bantuan secara langsung kepada yang membutuhkan, tetapi juga menciptakan dampak positif yang lebih luas bagi komunitas. Salah satu hal yang membuat peran PUSKESOS Desa Sawang semakin vital dalam kegiatan ini adalah kelancaran penyaluran bantuan. Melalui koordinasi yang baik dengan instansi terkait dan pihak terkait lainnya, proses distribusi dapat berjalan dengan efisien dan efektif. Selain itu, upaya memastikan bahwa bantuan sampai tepat waktu dan tanpa hambatan merupakan prioritas utama. Tanggal 29 Februari 2024 menjadi momentum penting dimana kegiatan pembagian beras Bulog dilaksanakan. Pada hari tersebut, PUSKESOS Desa Sawang berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada para penerima bantuan, bahkan dengan mengantar langsung ke rumah masing-masing penerima. Langkah proaktif ini tidak hanya meningkatkan aksesibilitas bantuan, tetapi juga menunjukkan kepedulian mendalam terhadap kesejahteraan warga desa. Dengan demikian, peran aktif PUSKESOS Desa Sawang dalam kegiatan pembagian beras Bulog telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat kedaulatan pangan di tingkat desa. Keberlanjutan dan pengembangan program-program serupa di masa depan akan menjadi kunci sukses dalam menjaga kesejahteraan dan ketahanan pangan masyarakat Desa Sawang.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Sawang 2024

Pada tanggal 29 Februari 2024, Desa Sawang melaksanakan kegiatan penting dalam proses pengelolaan keuangan desa dengan memasang Papan Pemberitahuan Anggaran dan Belanja Desa (APBDes) Desa Sawang 2024 di Kantor Desa Sawang. Tindakan ini merupakan langkah transparansi yang bertujuan memberikan informasi kepada seluruh warga desa mengenai alokasi dana desa serta rencana penggunaannya. Melalui papan pemberitahuan tersebut, diharapkan masyarakat dapat turut serta dalam mengawasi pengelolaan dana desa guna memastikan bahwa anggaran yang telah disepakati digunakan secara efektif dan efisien demi kemajuan bersama. Langkah transparansi seperti ini juga dapat meningkatkan partisipasi dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa. Dengan adanya APBDes yang dipasang secara jelas dan terbuka untuk publik, diharapkan akan tercipta akuntabilitas yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan desa serta memungkinkan warga desa untuk ikut serta dalam proses pembangunan secara lebih aktif. Semoga pemasangan papan pemberitahuan APBDes Desa Sawang 2024 dapat menjadi contoh yang baik bagi desa-desa lain dalam mendorong transparansi dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan keuangan desa.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa - Perubahan Ke II Desa Sawang Tahun 2023

**Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa - Perubahan Ke II Desa Sawang Tahun 2023: Menuju Transparansi Pengelolaan Dana Desa** Pada tanggal 28 Februari 2024, Kantor Desa Sawang menjadi saksi perubahan penting dalam pengelolaan keuangan Desa Sawang, dengan pemasangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Perubahan Ke II untuk tahun 2023. Langkah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada warga desa mengenai alokasi dan tujuan dana desa yang digunakan. Melalui APBDes Perubahan Ke II tersebut, Desa Sawang menegaskan komitmennya pada transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa. Dengan dipasangkannya anggaran ini di kantor desa, diharapkan warga desa dapat melihat secara langsung kemana dana desa dialokasikan serta untuk keperluan apa saja. Salah satu tujuan utama dari APBDes adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sawang melalui pembangunan infrastruktur, program sosial, pendidikan, kesehatan, dan sektor-sektor vital lainnya. Dengan adanya perubahan kedua ini, diharapkan prioritas-prioritas baru dan penyesuaian anggaran yang lebih baik dapat memenuhi kebutuhan mendesak dan aspirasi warga desa. Proses pemasangan APBDes Perubahan Ke II Desa Sawang sendiri tidak lepas dari partisipasi aktif warga desa, aparat pemerintahan desa, serta berbagai pihak terkait lainnya. Melalui musyawarah desa dan mekanisme partisipatif lainnya, perubahan ini disusun dengan memperhitungkan beragam masukan dan kebutuhan riil masyarakat. Dengan demikian, langkah transformatif ini diharapkan tidak hanya sekadar menyajikan angka-angka, tetapi juga menjadi cerminan dari semangat kolaborasi dan keberlanjutan pembangunan desa secara inklusif. Semoga APBDes Perubahan Ke II Desa Sawang Tahun 2023 dapat menjadi landasan kokoh bagi pembangunan berkelanjutan yang merata dan bermartabat bagi seluruh warga Desa Sawang.

Jumat Bersih Koramil 06 CLS

Pada Jumat tanggal 1 Maret 2024, Koramil 06 CLS bersama Pemerintahan Desa Sungai Rutas menyelenggarakan kegiatan Jumat Bersih di Pasar Muarauning. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan bebas dari sampah. Selain dihadiri oleh anggota Koramil 06, kegiatan tersebut juga diikuti oleh warga sekitar. Jumat Bersih merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Koramil 06 CLS sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan. Aderinasyah, pejabat Kepala Desa Sungai Rutas, menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Beliau berharap bahwa melalui kegiatan Jumat Bersih, warga Desa Sungai Rutas akan lebih termotivasi untuk menjaga kebersihan lingkungan. Selain manfaat estetika, kegiatan bersih-bersih juga memiliki dampak positif terhadap kesehatan masyarakat. Dengan lingkungan yang bersih, warga dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk demam berdarah yang sebelumnya pernah mewabah di Desa Sungai Rutas. Aderinasyah pun berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan di masa depan guna menjaga kebersihan lingkungan demi kesejahteraan bersama.

Realisasi Pertanggung jawaban APBDes Desa Sawang T.A 2023

Realisasi Pertanggungjawaban APBDes Desa Sawang T.A 2023: Memperkuat Kepercayaan Masyarakat Pada tanggal 26 Februari 2024, Kantor Desa Sawang menjadi saksi kegiatan penting dalam upaya memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan dana Desa. Papan Realisasi Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Sawang Tahun Anggaran 2023 dipasang dengan tujuan utama untuk memberikan transparansi dan akuntabilitas terkait penggunaan dana desa. Langkah ini bukan hanya sekadar tindakan formalitas, melainkan sebuah komitmen nyata dari pemerintah desa untuk menjalin hubungan yang lebih kuat dengan warga desa. Melalui papan realisasi pertanggungjawaban ini, setiap rupiah yang digunakan untuk pembangunan dan kegiatan di Desa Sawang akan terdokumentasi dengan jelas dan terbuka bagi publik. Dengan adanya akses informasi yang transparan, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami manfaat dari setiap program yang dilaksanakan serta turut berperan aktif dalam pemantauan dan evaluasi pelaksanaan anggaran desa. Hal ini tidak hanya menciptakan kepercayaan, tetapi juga mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan desa. Keberhasilan implementasi papan realisasi pertanggungjawaban APBDes Desa Sawang merupakan tonggak penting dalam upaya meningkatkan akuntabilitas dan good governance di tingkat desa. Dengan demikian, Desa Sawang meneguhkan komitmennya untuk menjadi entitas pemerintahan yang bersih, transparan, dan bertanggung jawab dalam setiap langkah pembangunan demi kesejahteraan bersama. Melalui langkah-langkah konkret seperti ini, Desa Sawang membuktikan bahwa partisipasi masyarakat bukan hanya sekadar slogan, melainkan prinsip yang dijalankan dalam setiap kebijakan dan program yang digulirkan. Semoga papan realisasi pertanggungjawaban APBDes Desa Sawang menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk menuju arah yang sama: keterbukaan, akuntabilitas, dan kepercayaan yang kokoh antara pemerintah dan masyarakat.

PEMBINAAN KEPEMUDAAN

Pada tanggal 2024-03-01, Kantor Desa Linuh menjadi saksi dari sebuah inisiatif luar biasa yang bertujuan untuk membina kepekaan dan kesadaran para pemuda di sekitar wilayah tersebut. Kegiatan ini tidak hanya merangkul aspek kepemimpinan dan kreativitas, tetapi juga bertujuan kuat untuk mencegah potensi tindakan kriminal di kalangan pemuda. Dengan semangat memajukan generasi penerus yang tangguh dan bertanggung jawab, Kantor Desa Linuh telah menjadi pusat transformasi bagi para pemuda. Berbagai kegiatan pembinaan seperti pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan, dan kerjasama tim telah diselenggarakan secara rutin. Melalui serangkaian lokakarya dan diskusi, pemuda diajak untuk mengasah potensi diri mereka sehingga mampu berkontribusi positif bagi masyarakat. Bahkan, kolaborasi dengan institusi pendidikan dan tokoh masyarakat setempat turut dilibatkan guna memberikan wawasan luas kepada para peserta. Selain itu, aspek keterlibatan dalam kegiatan sosial dan pemberdayaan komunitas menjadi fokus utama. Para pemuda didorong untuk aktif terlibat dalam kegiatan amal, lingkungan, serta advokasi sosial guna memperkuat rasa kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Tak hanya itu, kesadaran akan bahaya tindakan kriminal juga ditekankan dalam setiap sesi pembinaan. Melalui penyuluhan dan simulasi situasi, para pemuda diberi pemahaman mendalam tentang konsekuensi dari tindakan kriminal serta pentingnya hidup dalam aturan hukum dan moral yang berlaku. Dengan demikian, melalui upaya pembinaan kepepudaan di Kantor Desa Linuh, diharapkan akan lahir generasi pemuda yang cerdas, peduli, dan bertanggung jawab. Mereka bukan hanya menjadi harapan masa depan, tetapi juga garda terdepan dalam menjaga stabilitas dan keamanan di lingkungan mereka.

TABLIG AKBAR YANG DI HADIRI UAS BANJAR

Pada tanggal 1 Maret 2024, akan diadakan Tabligh Akbar yang dihadiri oleh Ustaz Abdul Somad (UAS) di Desa Linuh RT 02 RW 01. Acara ini bertujuan menggalang dana tambahan untuk pembangunan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) di wilayah tersebut. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempersatukan masyarakat dalam mendukung peningkatan infrastruktur keagamaan sebagai pusat belajar agama bagi anak-anak dan remaja di desa tersebut. Dengan semangat gotong-royong, masyarakat Desa Linuh berkomitmen kuat untuk memperkuat pondasi pendidikan agama melalui kegiatan ini. Partisipasi aktif dalam bentuk kehadiran, sumbangan dana, tenaga, serta doa bersama sangat diharapkan guna merealisasikan visi memiliki TPQ yang berkualitas. Suksesnya acara ini bergantung pada keterlibatan semua pihak agar impian memiliki TPQ yang representatif dan bermanfaat bagi generasi masa depan dapat terwujud. Dengan harapan mempererat silaturahmi, meningkatkan spiritualitas, dan meneguhkan kesatuan dalam mendukung pembangunan TPQ sebagai wujud dari harapan bersama. Mari kita satukan langkah, berbagi rezeki, serta bersama-sama berdoa demi keberhasilan acara ini dan kelancaran pembangunan TPQ yang menjadi amanah bagi kita semua.